12/02/2011

Banyak Modus Operandi Penipuan Jual Beli Online

Modus operandi penipuan online ternyata banyak, mereka yang sering menipu lewat internet sangat pintar memanfaatkan situasi di sekitar calon pembeli dan calon korbannya. Dan hebatnya si korban tidak sadar kalau ia sudah masuk perangkap sang penipu online. Bila tidak mau tertipu lewat internet, ikuti langkah demi langkah yang sudah di bahas dalam katalog pembeli yang bijak (silahkan baca kembali dari blog ini).
Modus operandi utama penipuan itu adalah memanfaatkan website atau blog yang sengaja mereka buat untuk menjaring calon korbannya. Website atau situs penipuan mereka buat sebagus mungkin, bahkan sangat lengkap ada kontak person penjual, produk yang dipajang dan lain sebagainya. Contoh kasus si penipu memajang atau menjual HP (handphone ) spesialis merk NOKIA di website atau situs miliknya. Semua HP merk Nokia dipajang, mulai dari keluaran lama hingga keluaran terbaru. Termasuk seri HP terbaru Nokia N8 C6 C7 dan E7 yang menjadi andalan di pasar smartphone.
Ujung - ujung modus operandi penipuan via internet tentunya adalah menjaring agar si calon korban penipuan percaya pada website atau blognya dan berkomunikasi dengan dia serta berujung pada mengirimkan sejumlah biaya pembelian fiktif padanya. Pembelian fiktif maksudnya, setelah ia menerima transfer biaya pembelian produk yang anda minta tidak bakal dikirimkan.
Untuk contoh kasus di atas yang perlu calon pembeli waspadai adalah harga jual yang terpampang di dalam website penipuan mereka. Biasanya mereka menjebak dengan beberapa harga produk sangat standar, tapi untuk jebakan bagi calon pembeli, mereka memasukkan harga super miring pada beberapa seri hp nokia terbaru. Dan disinilah letak kelemahan calon pembeli yang hendak tertipu.
Untuk menghindari modus operandi seperti ini sebaiknya anda sebagai pembeli mempelajari dahulu harga tersebut, jangan buru - buru percaya dan tergiur produk bagus dengan harga yang super miring. Ada baiknya lakukan survei online merk dan seri serta harga produk secara offline di toko - toko handphone. Jangan hanya satu toko, lakukan survei di beberapa toko. Lalu catat harga resminya.
Berikutnya baru lakukan survei secara online, bandingkan harga tersebut termasuk selisih harganya secara umum.Dapatlah anda pada harga prediksi yang wajar, bila harga dari website penipuan tersebut tidak wajar alias miringnya banget apalagi diluar kewajaran anda tidak perlu melanjutkan untuk menawar sampai membeli lewat website tersebut. Bisa saja anda jadi korban modus operandi penipuan jual beli online.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar